Buku Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak

Buku Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak

Detail Buku:

Judul: Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak
Penulis: Dr. Ahmad Susanto, M.Pd.
Penerbit: Prenada Media, 2015
ISBN: 978-602-1186-91-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 427 halaman
Jenis File: PDF
Besar file:5,82Mb

Deskripsi:

Buku yang ada di tangan para pembaca yang budiman ini adalah buku yang menyajikan tentang bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. Buku ini ingin memberikan bekal bagi para guru, maha- siswa, para orangtua, serta para pemerhati pendidikan, terutama pen- didikan anak usia dini. Penulis menyadari pentingnya bimbingan dan konseling bagi anak dalam rangka membekali sikap dan perilaku serta mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak untuk perkem- bangan selanjutnya. Karena disadari bahwa pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap berbagai as- pek, termasuk perilaku anak.

Dampak negatif dari pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, yang sangat dirasakan pada saat ini yaitu semakin mening- katnya kenakalan anak-anak dan remaja, seperti perilaku agresif, ke- nakalan remaja, menurunnya prestasi belajar, kurang kemandirian, serta rasa ketergantungan yang tinggi pada orangtuanya. Permasalah- an lainnya yaitu banyak anak yang kurang mandiri, rasa kurang per- caya diri (pemalu), ingin menang sendiri, ingin selalu berkuasa, suka mengganggu teman, dan masih banyak anak yang selama berada di sekolah harus ditunggui oleh orangtuanya.

Taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan tempat pe- nyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak usia dini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi siswanya yang meliputi perkembangan akademis, keterampilan sosial, dan memiliki kemandirian. Guru sebagai tenaga profesional memiliki tugas utama untuk mendidik, meng- ajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain itu, guru juga memiliki fungsi sebagai pembimbing. Tugas guru sebagai pembimbing yaitu melihat dan menelaah karakteristik anak serta mengarahkan anak untuk dikem- bangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Program bimbingan dan konseling perlu dilakukan di TK yang di- tujukan untuk memberikan bantuan kepada anak dalam rangka upa- ya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Keberadaan bimbingan dan konseling di TK mendukung perkembangan interpersonal dan intrapersonal anak. Pembimbing atau konselor berperan dalam mengarahkan anak untuk hal-hal yang berkenaan dengan, antara lain: (a) mengarahkan anak untuk memi- liki kemampuan verbal untuk bertanya, menolong atau membantu permasalahannya; (b) membantu anak mengekspresikan perasaannya dan membangun sikap positif bagi dirinya dan temannya; (c) strategi membangun hubungan digunakan sebagai peningkatan tingkah laku, dan klarifikasi perasaan; dan (d) membantu mengurangi keterbatasan anak dalam hal keterbatasan tipe tingkah laku.

Sejak usia dini, seluruh kecerdasan anak perlu dikembangkan dan mendapat bimbingan. Melalui bimbingan diharapkan dapat memper- siapkan generasi penerus yang memiliki berbagai kemampuan untuk pengembangan dirinya sejak usia dini. Namun upaya ke arah tersebut, tampaknya masih kurang diperhatikan oleh para ahli pendidikan dan anak kurang dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, melalui buku ini, penulis terdorong untuk memberikan sumbangsih pemikir- an tentang bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak, dengan harapan dapat memberikan pandangan, wawasan, serta pengetahuan bagi mereka yang bergelut di bidang Pendidikan Anak Usia Dini atau di taman kanak-kanak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar