Ebook Sukses Psikotes oleh Ardani Prawira


Sinopsis:
Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam al ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis, namun ada juga yang berbentuk verbal, role play, atau menggunakan alat bantu. Yang paling umum adalah tes untuk mengukur kemampuan kognitif (tes kecerdasan) dan afektif (tes kepribadian).

Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan mengidentifikasikan kebutuhan pelatihan karyawan, juga mengetahui minat dan bakat. Selain itu, tes psikologi juga digunakan untuk mengidentifikasi masalah klinis seperti gangguan perilaku, perkembangan anak, atau dalam rangka perencaan modul pelatihan untuk klien dengan masalah klinis.

Bagi para pelamar kerja, psikotes sering menjadi hal yang menakutkan. Stigma mengenai kerumitan soal biasanya membuat para calon peserta merasa down. Sebenarnya, dengan mengetahui tips yang tepat, calon pelamar tentunya tidak akan merasa kesulitan.

Untuk mengatasinya, langkah pertama adalah sering-sering melakukan latihan soal-soal psikotes dari buku-buku latihan yang banyak beredar, seperti buku SUKSES PSIKOTES ini. Dengan kemampuan yang sudah terlatuih, pastinya akan memudahkan Anda saat mengikuti tes. Memang Anda tidak tahu sama sekali jenis-jenis soal yang akan dikeluarkan oleh pihak penyelenggara, tetapi setidaknya Anda sudah mempunya bekal latihan yang cukup. Penguasaan terhadap jenis-jenis soal yang sudah sering dilatih, pastinya akan membuat Anda cukup percaya diri saat menghadapi tes.

Langkah yang kedua adalah ketika mengerjakan soal, pilihlah soal yang Anda anggap lebih mudah. Tujuannya, agar Anda lebih santai dan nyaman untuk mengerjakan soal yang Anda kuasai sehingga tidak terburu-buru walaupun ada batasan waktu. Jangan lupa mengoreksi jawaban, jangan sampai ada hal yang tidak diisi, terutama data diri Anda.

Langkah yang ketiga adalah melakukan kesiapan mental dan fisik. Kesiapan mental dilakukan dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan seperti langkah pertama. Persiapan fisik berarti Anda harus mempersiapkan fisik agar selalu sehat sampai psikotes berakgir. Sebab, dengan menjaga kesehatan dan kebugaran, menjadikan Anda mengerjakan psikotes dengan konsterasi tinggi dan secara optimal.

Penulis: Ardani Prawira
Penerbit: Bintang Wahyu
ISBN13: 9789797959661
Format: .pdf
Filesize: 31MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar