Ebook Tes Kepribadian: Cara Asyik Mengenal dan Memahami Diri oleh Nestor Rico Tambunan


Sinopsis:
Adakalanya. kita memahami betul dengan diri sendiri dan segala kecenderungannya. Namun. tidak sedikit (terutama kalangan remaja dan ABG) yang masih bertanya-tanya dan sedang mencari jati diri. Untuk mengetahui kecenderungan yang bersifat pribadi. banyak cara bisa dilakukan. salah satunya menggunakan tes kepribadian. Tes kepribadian sendiri disesuaikan dengan beranekaragam kebutuhan sehari-hari yang dikemas dalam bentuk ringan.praktis. dan populer seperti buku ini.

Paket tes kepribadian bermula dari beberapa majalah remaja yang direkayasa sesuai dengan kebutuhan pembacanya. Tema setiap tesnya dibuat ringan. enteng. dan terkesan dan main-main. tetapi sebenarnya banyak hal penting yang bisa disikapi karena dibuat berdasarkan pengetahuan yang serius. Terimalah buku ini sebagai sesuatu yang 'santai. tapi serius' salah satu solusi yang menyenangkan dalam memahami diri.

TEST dalam bentuk kuis seperti isi buku ini merupakan salah bentuk terapan dari ilmu psikologi. Kuis adalah paket soal atau pertanyaanpertanyaan yang dipakai untuk mengetahui atau menguji kecenderungan tertentu dari seseorang. Dalam wilayah Ilmu psikologi terdapat aneka jenis paket tes, tergantung tujuan dan kepentingannya. Misalnya, tes kecerdasan atau IQ, tes bakat, tes kepribadian, tes masuk jurusan tertentu di perguruan tinggi, atau tes penerimaan pegawai. Bahkan anak SD pun sudah dikenalkan dengan tes bakat.

Di Indonesia, paket tes kepribadian yang dikemas dalam bentuk ringan, praktis, dan populer seperti buku ini awalnya muncul satu hingga dua halaman di media cetak, terutama majalah remaja. Tentu saja, dengan rekayasa-rekayasa tertentu, sesuai dengan misi dan sasaran pembaca majalah tersebut. Kalau di majalah remaja, disesuaikan dengan kasuskasus remaja. Lama kelamaan kuis seperti ini menjadi sesuatu yang akrab dan digemari. Bahkan ada beberapa majalah remaja menjadikannya sebagai rubrik tetap.

Isi atau materi buku ini pun tadinya berasal dari berbagai paket tes kepribadian yang pernah dimuat di berbagai majalah remaja. Karena itu, topik-topik dalam tes kepribadian ini berkisar seputar kehidupan remaja. Modernkah cara berpikirmu? Apakah kamu berbakat jadi ilmuwan? Apakah kamu serasi dengan pacar, atau orangtuamu? Apakah kamu seorang yang pemalu, seorang yang tegas, angkuh, mandiri, atau romantis? Dan banyak lagi. Tema-tema yang terkesan enteng dan mainmain, tapi sebenarnya penting.

Karena itu, terimalah buku ini sebagai sesuatu yang ’’santai, tapi serius” atau ’’iseng-iseng yang berguna”. Manfaatkan materi tes kepribadian ini dengan baik, beritahukan kepada teman, pacar, kakak, adik, atau siapa saja yang Anda sayangi sehingga juga ikut “memetik” manfaat dari tes kepribadian ini.

Penulis: Nestor Rico Tambunan
Penerbit: Tangga Pustaka
ISBN13: 9789790830042
Format: .pdf
Filesize: 1MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar