Hikayat Hang Tuah Jilid 1 karya Muhammad Haji Salleh

Hikayat Hang Tuah Jilid 1 karya Muhammad Haji Salleh

Detail Buku:

Judul: Hikayat Hang Tuah Jilid 1
Penulis: Muhammad Haji Salleh
Penerbit: Ufuk Publishing, 2013
ISBN: 978 602 7689 50 3
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 401 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 11,5Mb

Deskripsi:

Hikayat Hang Tuah adalah karya  Melayu klasik yang lahir pada zaman kegemilangan masyarakat Melayu tradisional. Cerita terkenal yang selalu mengilhami pemikiran bagi siapa saja yang membacanya.  Didalam cerita ini mencakup segala pesanan dan gagasan yang harus direnungkan dan dicerna oleh bangsa Melayu pada zaman modern ini. Ditulis di Johor antara tahun 1688 dan 1710, hikayat ini menceritakan tentang seorang Hang Tuah yang lahir di Kepulauan Riau.

Dikisahkan Hang Tuah bersama dengan teman-temannya yaitu Hang Jebat, Hang Kasturi, Hang Lekir dan Hang Lekiu, berlayar dengan sampan kecil menuju utara Singapura. Dalam perjalanannya mereka dikejar bajak laut, tetapi dengan strategi yang cerdik mereka dapat mengalahkan bajak laut. Kabar tentang kebranian ini didengar Sultan, yang kemudian menjadikan mereka punggawa istana.

Hang Tuah digambarkan sebagai seorang yang menguasai duabelas bahasa, sehingga menjadi utusan kesayangan Sultan, sehingga diutus ke Kerajaan Majapahit untuk mengawal pernikahannya dengan putri Betara bernama Galuh Cendera Kirana. Penjelajahan Hang Tuah merupakan suatu pencarian untuk mengetahui arti penting Malaka di Dunia. Dalam perjalanannya Hang Tuah mendapati dirinya menjadi utusan hebat dan kerajaannya mendapatkan pengakuan dari kerajaan di jamannya.

Ditulis oleh Prof. Dr. Muhammad Haji Salleh , seorang penyair  yang karyanya banyak itulis dalam bahasa Inggris dan Melayu, dan dianugerahi  gelaran Sasterawan Negara 1991. Beliau juga telah memenangi Anugerah Penulis S.E.A. pada tahun 1997. Pada 2008, dan dinobat sebagai Tokoh Akademik Negarta. Buku ini mempunyai keunggulan berupa suatu Karya klasik yang dianggap sebagai Buku referensi, penulisnya adalah seorang sastrawan negara Malaysia,  sebagai khazanah nusantara, bahasanya indah dan sastranya dikemasan ekslusif untuk pembaca yang budiman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar